Bisnis Internet Internet Marketing

Published on June 12th, 2017 | by Eko Julianto Arif

Tipe-Tipe Bisnis Internet

“Sebenarnya ada berapa banyak dan tipe-tipe bisnis yang akan kita lakukan secara online? Dan mana yang cocok untuk Saya?”

Dalam dunia online, Anda sering melihat seseorang bisa sukses dalam berbisnis internet. Ada yang berhasil karena dari iklan, ada yang sukses karena dia menjual sesuatu seperti toko online. Sementara yang lainnya berhasil karena menjual Informasi.

Sebenarnya tipe bisnis Internet itu banyak sekali, tetapi menurut saya secara umum yaitu ada 4:

  1. Content Publisher
  2. Affiliate Marketing
  3. Product/ Service Owner
  4. CPA Marketing

Semua tipe bisnis internet diatas dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar jika Anda tahu bagaimana cara melakukannya. Saya menyarankan Anda memilih salah satu terlebih dahulu dan fokus disana sebelum Anda memasuki tipe bisnis yang lainnya.

Contohnya seperti ini:

Misalnya saja Anda sudah memiliki kemampuan sebagai seorang trainer. Anda bisa saja membuat produk Anda sendiri dan Anda jual dengan menggunakan media online atau Anda bisa mendapatkan leads-leads baru untuk mendatangkan orang kedalam pelatihan bisnis Anda atau usaha Anda.

Anda bisa juga memiliki bisnis offline yang menawarkan jasa pemrograman. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mendatangkan klien-klien baru bagi Anda. Anda bisa saa sebagai karyawan yang ingin memulai bisnis onlinenya sendiri. Anda bisa memulainya dengan menjadi seorang content publisher atau sebagai seorang affiliate.

Yang terpenting adalah apapun yang Anda pilih, komitmenkan Anda disana dan pelajari sebanyak mungkin bagaimana caranya menjadi yang terbaik dalam hal tersebut. Misalnya Anda fokus ingin menjadi seorang affiliate, maka Anda harus mengetahui bagaimana seorang affiliate bekerja dan bagaimana cara yang efektif agar dapat menghasilkan uang bagi Anda sebagai seorang affiliate.

Anda bisa memulai dengan langkah terkecil dengan memilih salah satu bagian saja dan fokuskan diri Anda disana. Mungkin saat ini Anda akan bingung maksud saya. Tetapi ketika Anda terus membaca Artikel ini semuanya Anda akan faham maksud saya. Mari kita lihat satu persatu tipe bisnis internet yang saya utarakan sebelumnya.

 

  1. Content Publisher

Content Publisher, seperti namanya adalah seorang menghasilkan Content yang baik berupa artikel, audio, maupun video dengan cara membuat website/blog atau properti internet lainnya yang dapat menampung content Anda.

Bagaimana menjadi seorang Content Publisher yang menghasilkan uang? Anda dapat memperoleh uang dengan cara menaruh iklan di website atau blog Anda memalui Google adsense dan ketika ada pengunjung website atau blog mengklik iklan tersebut, maka Anda akan mendapatkan uang.

Anda juga bisa menjual space iklan banner pada website atau blog Anda dan menawarkannya kepada advertiser yang tertarik untuk memasang banner di website Anda.

Keuntungan sebagai content publisher:

  • Anda tidak perlu pusing untuk menjual sesuatu
  • Model bisnis yang simple. Hanya perlu membuat website dan content
  • Tidak perlu membuat produk sendiri
  • Tidak perlu melakukan customer service
  • Income atau uang yang didapat bisa besar

Kerugian sebagai seorang content publisher:

  • Anda hanya secara reguler membuat content yang baik
  • Apabila tidak ada database, maka ketika Anda ingin menjual sesuatu maka Anda akan sulit.
  • Bisnis yang bergantung pada Google Adsense (meskipun ada provider iklan lain, mereka adalah rajanya dimana perklik Anda bisa mendapatkan uang yang jauh lebih besar dibandingkan dengan provider iklan lainnya)

 

2. Affiliate Marketing

Ini adalah model bisnis yang saya sukai selama ini. Karena Anda tidak perlu memikirkan membuat produk Anda tinggal memasarkan Produk orang lain. Nah menjadi Affiliate juga bisa menghasilkan apabila Anda fokus dan menekuninya. Sebagai seorang affiliate marketer, Anda berperan sebagai seorang makelar (orang yang mempertemukan antara pembeli dan penjual).

Anda bisa menjual barang atau produk fisik (produk berwujud) seperti TV, kamera, handphone dan lain sebagainya dengan sebagai affiliate di salah satu website penjual retail terbesar di dunia seperti : Amazon.com

Atau Anda bisa menjadi affiliate lokal asal Indonesia seperti Ratakan.com yang dimana kebanyakan menjual Produk non fisik atau produk digital. Saya sering menyarankan kepada Anda kalau ingin menjadi Affiliate dan Anda baru memulainya yah Anda menjadi Affiliate Ratakan.com. Karena sangat mudah dalam pencairan komisinya.

Dan saya menyarankan kepada Anda lebih baik menjadi affiliate dari produk digital dibanding Anda menjadi affiliate produk fisik. Karena apa? Karena komisi dari produk fisik biasanya 2.5%-10%, tetapi di produk digital komisinya lebih besar yaitu berkisaran 20%-50%. Besar bukan? Coba saja Anda cek di Ratakan.com.

Prosesnya pun sangat mudah. Tugas Anda hanyalah membawa orang (trafik) kedalam website sang pemilik produk dengan kode khusus atau link khusus yang diberikan kepada Anda. Kode khusus ini adalah sebagai penanda unik untuk pemilik produk untuk mengetahui bahwa orang tersebut berasal dari referensi Anda.

Jika pada akhirnya orang yang Anda bawa ke website pemilik produk memutuskan untuk membeli produknya, maka Anda secara otomatis mendapatkan komisi penjualan sebesar presentasi yang sudah ditentukan atau yang sudah disepakati dari awal.

Keuntungan sebagai seorang affiliate marketer :

  • Tidak perlu memiliki produk sendiri (ada banyak ribuan produk yang bisa Anda pilih)
  • Tidak perlu mengurus Customer service
  • Komisi yang besar memberikan potensi penghasilan yang besar juga
  • Memungkinkan untuk membentuk Passive income

Kerugian sebagai seorang affiliate marketer :

  • Jika Anda tidak membangun List (database), Anda kehilangan banyak sales.
  • Diperlukan edukasi penting yaitu mengetahui pasar Anda, Selling skill, dan copywriting.

 

3. Produk atau Service Owner

Sebagai Produk/service owner(pemilik produk/jasa), Anda dapat memanfaatkan media internet untuk menjual barang atau jasa Anda. Dimarket Indonesia, tipe bisnis ini sangatlah berkembang. Apa saja yang bisa Anda jual sebagai pemiliki produk? berikut listnya.

  • Menjual barang berwujud atau fisik

Formatnya biasanya berbentuk toko online. Disini Anda bisa menjual macam-macam jenis produk seperti pakaian bayi, parfum, sabun, perhiasan, produk kecantikan, produk elektronik dan lain sebagainya. Website Anda dapat menjadi toko Anda yang memajang produk Anda 1×24 jam.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa website yang sudah propuler untuk sebagai toko online mini Anda. Seperti KASKUS atau Toko pedia, Anda memanfaatkan Facebook pages untuk meletakan produk Anda disana dan menjaring orang untuk melihat toko Anda disana.

  • Menjual Produk atau barang-barang tidak berwujud

Ini adalah favorit saya, karena formatnya dapat berupa berbagai macam Ebook, Multimedia, Ecourse Online, panduan, software ataupun membership. Ini merupakan barang yang bergerak dalam dunia Informasi, dimana informasi yang bagus dihargai dengan nilai yang cukup tinggi. Oleh karena itu, sudah bukan hal asing lagi untuk menjual informasi tersebut dengan media online. Dan sudah banyak orang yang sukses dengan cepat di dalam dunia Informasi ini.

Keuntungan sebagai seorang product owner :

  • sangat memungkinkan Anda memiliki passive income dengan banyak Affiliate Anda yang membantu menjual produk yang Anda miliki. Karena itu, jika anda memiliki produk yang dapat Anda jual dan memungkinkan untuk menjaring Affiliate untuk membantu Anda menjual barang-barang Anda, lakukan hal tersebut. Margin Anda lebih kecil, namun Anda mendapatkan volume penjualan sebagai kompensasinya. Selain itu, Anda tidak perlu lelah dalam memasarkan produk Anda sendiri.
  • Anda hanya membuat produk sekali dan bisa Anda jual berkali-kali
  • Dengan List(Database), Anda bisa menjual produk lainnya (cross selling)
  • Memiliki potensi income yang cukup besar

Kerugian sebagai seorang product owner:

  • Anda harus membuat produk terlebih dahulu baru bisa menghasilkan income.
  • Harus memiliki Customer service
  • Resiko lebih besar ketika setelah membuat produk dan produk Anda tidak laku
  • Harus stok barang (Ini khusus Produk fisik seperti toko online)
  • Harus mengurus pengiriman barang (produk fisik)
  • Diperlukan edukasi yang penting yaitu market knowladge, copywriting, selling skill dan kemampuan Anda untuk mencari Affiliate untuk membantu menjual produk atau barang-barang Anda.

Info khusus bagi Anda yang ingin menjadi Product Owner yang menghasilkan dan menjanjikan Anda bisa klik link ini Digital Product Creator.

 

4. CPA Marketing

Cost per aquisition (CPA) marketing adalah model bisnis yang cukup unik. Model bisnis ini seperti affiliate marketing, dimana Anda bertindak “seakan-akan” sebagai makelar. Jikalau affiliate marketing, Anda menjual produk/jasa. Di CPA, Anda menjual leads.

Leads seperti apakah itu? Leads ini bisa berupa:

  • Nama
  • email
  • Kode pos
  • Nomor Handphone
  • Data seseorang, dll

Bergantung dari tipe leads yang Anda berikan dan marketnya, Anda bisa mendapatkan $1,5 per Leads. Dan ini tergantung dari market yang diberikan. Perlu diperhatikan bahwa leads ini bukanlah Anda sendiri yang mengisinya. Tugas Anda hanyalah membawa seseorang ke dalam website mereka, ketika orang tersebut mengisi data yang valid maka Anda mendapatkan income.

Di CPA marketing, marketnya lebih mudah. Mengapa? Karena Leads Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu. Leads Anda hanya perlu mengisi data yang valid, maka Anda mendapatkan uang atau income.

Keuntungan sebagai seorang CPA marketer :

  • Mendapatkan income yang besar dengan lebih mudah
  • Tidak perlu Customer Service
  • Tidak perlu membuat produk sendiri

Kerugian sebagai CPA marketer :

  • Untuk mendaftar sebagai CPA marketer, memerlukan proses yang panjang bahkan sulit. Dulu saya mendaftar CPA marketer dan sampai sekarang belum ada pemberitahuan apakah diterima atau ditolak
  • Bukan merupakan bisnis yang cukup bagus menurut saya, karena ketika perusahaan yang ingin membeli leads Anda sudah merasa cukup leadsnya, mereka akan menghentikannya begitu saja dan uang anda pun berhenti
  • Menjadi kurang kreative dalam menghasilkan uang di Internet, karena menghasilkan uang di Internet ini sangatlah mudah tidak harus menjadi CPA marketing yang ribet menurut saya.

Oke, jadi model bisnis seperti apa yang ingin Anda gunakan dalam bisnis online Anda? silahkan pilih sendiri sesuai niche dan passion Anda. Misalkan Anda cocok menjadi seorang Product Owner maka Anda fokuskan disitu saja dulu sampai menghasilkan income lalu ketika Anda bisa menghasilkan income, Anda bisa menambah income Anda dengan menjadi dan melakukan selain Product owner misalnya Anda menjadi Affiliate Marketer. Terima kasih telah membaca

Dapatkan strategi marketing untuk meningkatkan traffic & penjualan

Lebih dari 100 calon dan marketer sukses bergabung di Online Course ini

Tags:


About the Author

Internet Marketer | Bisnis Online

Bisnis Internet adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Karena dengan Modal sekecil-kecilnya dengan untung sebesar-besarnya.



Back to Top ↑
  • Download Gratis

    Dapatkan Langkah Awal nya Disini…


    *Lebih dari 2.000 orang yang sudah mendownload*

  • Tutorial Bisnis Internet

  • Fans fage