email marketing Internet Marketing, Bisnis Internet, Online marketing

Published on October 16th, 2017 | by Eko Julianto Arif

0

Hal-hal Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengirim Email Marketing

Ketika kita menjadi seorang Pemasar, pasti kita berbicara mengenai kedekatan antara pebisnis dengan pelanggannya, termasuk Pebisnis Online. Apabila kita ingin lebih dekat dengan pelanggan maka gunakan trik Email marketing dalam bisnis online.

Sebuah konsultan pemasar online menyatakan sebesar 77% pelanggan memilih menerima pesan-pesan pemasar melalui email dari pada aplikasi lainnya. Sebanyak 44% penerima email akan melakukan transaksi setidaknya satu transaksi pembelian.  Bisa baca di artikel ini >> http://www.ekojulian.com/email-sebagai-sentuhan-personal/

Maka dari itu ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengirim email marketing di dalam bisnis online kita.

  1. Pastikan Target Yang Tepat

Sebelum mengirim Email masal atau membuat Newsletter, maka buatlah klasifikasi pelanggan terlebih dahulu. Niche kita seperti apa, misalkan niche kita berjualan toko online dengan menjual barang-barang wanita seperti lipstik, bedak, pemutih wajah, dan lainnya. Klasifikasikan sedetail mungkin.

  1. Buatlah Email Yang Informatif

Membuat email janganlah basa-basi dan terlalu panjang, itu membuat pelanggan kita kabur dan tidak mau membaca bahkan membenci email dari kita. Contohnya sederhananya adalah ‘Beli 2 gratis 1 selama satu minggu’ maka kita berfokus pada itu terlebih dahulu. Kita tidak perlu juga mengulang-ulang kata-kata kita. Seharusnya kita tambahkan info yang melengkapi  produk yang kita emailkan, bisa berupa Bonus apapun.

  1. Mengandung Ajakan Untuk Berinteraksi

Mayoritas kebanyakan email penjual adalah ajakan agar pelanggannya mengklik suatu link atau mengikuti program promosi, yang berakhir dengan suatu transaksi pembelian. Jangan sampai kita membuat email, hanya email informasi saja tanpa adanya ajakan atau interaksi.

  1. Beri Sentuhan Personal

Gunakan settingan khusus di format newsletter agar setiap email menyapa sesuai dengan nama pelanggan. Seperti ‘Hallo Andi’ jangan seperti ‘Hallo teman’, lebih personal dengan menyapa nama pelanggan dan pelanggan sangatlah menyukainya.

  1. Buat Subjek yang Menarik Perhatian

Yang satu ini butuh keahlian khusus, bagaimana menyusun kalimat pendek yang menarik perhatian pembaca atau pelanggan newsletter Anda. Kalimat-kalimat yang berbeda dengan kebanyakan email marketing lainnya akan membuat email kita berpotensi dibuka dan direspon.

  1. Hindari Kata-kata tergolong SPAM

Ada lebih dari 100 kata yang tergolong SPAM, semua biasanya berbahasa inggris. Apa itu SPAM? Spam adalah ketika server email akan melakukan filterisasi pada email, jika email tidak lolos di filter maka email kita akan masuk folder SPAM itu sangat merugikan kita.

Apa itu kata-kata yang tergolong spam, contohnya adalah ‘Best price’, ‘$$$’, ‘Money’,’Great Offer’ dan sejenisnya. Daftar kata-kata spam tersebut kita bisa cari di Google dan banyak sekali. Hindari juga dengan judul subjek yang berhuruf kapital ini juga bisa termasuk SPAM dan ini juga dilakukan oleh para pelaku spam.

  1. Pastikan Bisa Diakses Secara Mobile

Isi email yang penuh dengan desain grafis atau foto-foto menarik memang salah satu trik agar pelanggan tertarik membaca email kita. Tetapi pastikan bahwa format desainnya bisa tempil bagus ketika email dibuka di mobile, seperti tablet dan smartphone.

Dapatkan strategi marketing untuk meningkatkan traffic & penjualan

Lebih dari 100 calon dan marketer sukses bergabung di Online Course ini

Tags: , , ,


About the Author

Internet Marketer | Bisnis Online

Bisnis Internet adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Karena dengan Modal sekecil-kecilnya dengan untung sebesar-besarnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑
  • Download Gratis

    Dapatkan Langkah Awal nya Disini…


    *Lebih dari 2.000 orang yang sudah mendownload*

  • Tutorial Bisnis Internet

  • Fans fage