Bisnis Internet Skill Bisnis, Internet Marketing, bisnis Internet

Published on November 27th, 2017 | by Eko Julianto Arif

0

7 Skill Yang Harus dikuasai dalam Bisnis Internet

Dalam memasuki bisnis online, Anda tidak harus handal dalam menguasai ilmu-ilmu website atau hal teknis lainnya. Kenapa bisa begitu? Karena yang Anda perlukan sedikit saja ilmu tetapi lebih baik banyak secara prakteknya.

Dalam dunia internet marketing yang harus Anda kuasai adalah ilmu periklanannya. Tetapi jika Anda tidak menguasai nya maka nol besar dalam sales atau keuntungan Anda.

Sama seperti kursus atau sekolah Anda juga perlu memiliki ilmu dasar dalam belajar internet. Karena kalau Anda tidak menguasai ilmu dasarnya saja maka pondasi Anda dalam bisnis internet tidak siap.

Jadi…

Yap, sebenarnya perlu juga ilmu-ilmu tentang dasar apa saja skill yang Anda kuasai dalam bisnis internet. Yuk lihat selengkapnya.

  1. Menguasai WordPress dan Blogger

WordPress? Blogger?

Apa itu?

Sebagian besar ada yang tahu sebagian lagi ada yang tidak tahu. Saya jelaskan satu persatu apa itu WordPress dan apa itu Blogger.

WordPress adalah sebuah aplikasi berbasis PHP dan basis data (data base), MYSQL (kita tidak belajar ilmu ini) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (Blog Engine) bisa juga untuk toko online dan lainnya.

Pada Agustus 2013, WordPress telah digunakan 10 juta website. Dan sangat populer digunakan Blog oleh orang-orang. Dan sampai saat ini banyak yang menggunakan WordPress dari orang biasa sampai artis sekalipun.

WordPress didirikan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tanggal 27 Mei 2003. Dalam penggunaannya wordpress lebih tepat untuk kalangan profesional yaitu dengan menggunakan beberapa template design yang bisa di download secara gratis atau dengan membeli secara premium.

Untuk anda yang tidak memiliki domain sendiri, anda juga bisa menggunakan wordpress seperti blogspot dengan menggunakan nama domain. Misalkan namapilihananda@wordpress.com secara gratis langsung saja daftar disini www.wordpress.com

Blogger merupakan platform gratis yang diluncurkan oleh perusahaan Pray Labs pada tahun 1999. Selanjutnya, Google mengakuisi pada tahun 2003. Blogger sangat diminati dan populer terutama dengan blogspot.

  1. Ilmu dasar Website

Tidak salah dengar?? Benar sekali Anda tidak salah dengar. Kenapa saya menulis ilmu dasar website. Karena agar Anda tidak tertipu membeli plugin-plugin yang mahal untuk hanya sekedar membuat halaman penawaran seperti Landingpage/Sales page.

Sekedar cerita singkat, saya sebelum menguasai dasar-dasar Website seperti HTML dan CSS secara otodidak. Saya mencari-cari plugin-plugin dan cara membuat halaman sales page saja perlu mengeluarkan uang 300ribu sampai jutaan (sesuai desain).

Setelah saya mempelajari HTML dan CSS secara otodidak dan saya bisa membuat sales page sendiri dari nol. Maka dengan mudah saya membuatnya tanpa perlu plugin dan sangat ringan.

Kalau Anda pusing tetapi ingin belajar Anda bisa mempelajarinya lewat Youtube dan buku-buku murah di toko buku terdekat Anda.

  1. Bootstrap

Bootstrap ialah suatu framework (kerangka kerja) yang dapat di pergunakan dalam membuat aplikasi website yang bersifat responsive, mudah, dan tentunya gratis. Kata ‘reponsive’ disini berarti bahwa tampilan website/blog (lebar dan susunan isinya) dapat berubah secara otomatis sesuai dengan lebar layar pada perangkat keras seperti (hanphone, tablet, laptop, komputer) yang di menampilkannya.

 

Bootstrap terdiri dari CSS dan HTML untuk menghasilkan sebuah Grid, Layout, Tifografi, Tabel, Form, Navigasi, dan lain-lain. selain komponen CSS bootstrap juga terdapat javascript (Jquery Plugins) untuk menghasilkan komponen UI yang menarik, contoh membuat Transitions, Modal, Dropdown, ScrollSpy, Tooltip, PopOver, Tab, Alert, Button, Carousel, dan lainnya.

 

Dengan menggunakan bootstrap, kita dapat membuat website atau blog responsive dengan cepat dan mudah serta dapat berjalan sempurna pada browser-browser modern seperti Google Chrome, Firefox, Safari, Opera, dan Internet Explorer.

  • Sejarah Bootstrap

Pada tahun 2011, Bootstrap diciptakan oleh 2 orang programmer di twitter, yaitu Mark Otto dan Jacob Thornton. Pada saat itu, para programmer di twitter menggunakan berbagai macam tool dan library yang mereka kenal dan senangi untuk mempermudah pekerjaan mereka, sehingga tidak ada standarisasi  dan akibatnya susah untuk di maintance.

Setelah itu Mark Otto dan Jacob Thornton bergerak untuk menciptakan satu tools atau framework yang dapat digunakan bersama di lingkungan internal twitter.

Sejak diluncurkan pada bulan agustus 2011, bootstrap telah berevolusi dari sebuah project yang berbasis CSS menjadi sebuah tools atau framework yang lebih lengkap dan juga berisi Javascript Plugin, Icon, Form, dan Button. Pada bulan januari 2012, bootstrap merelease versi 2.0 yang di dalamnya sudah memasukkan fitur responsive layout.

Pada bulan agustus 2014, Bootstrap mengeluarkan versi 3.0 yang didalamnya sudah mengakomodasi “mobile first” artinya didalam pembuatan desain website maka kita merancang untuk layar yang kecil dahulu (handphone), kemudaian secara bertahap menambahkan fitur-fitur untuk layar yang lebih besar (seperti tablet).

Bootstrap itu Anda bisa mempelajarinya setelah Anda faham mengenai dasar-dasar HTML dan CSS. Jika Anda sudah menguasai HTML dan CSS Anda bisa mempelajari Bootstrap, Anda juga bisa membeli Ecourse saya tentang Panduan Bootstrap untuk Pemula.

  1. Copywritting

Ada ungkapan yang mengatakan, copywriting menjual dan menulis content akan mengajarkan. Mungkin memang demikian, tapi kita akan mengatur perbedaanya di sini serta fokus pada engagement dan seni persuasi umum untuk berbagai style copy marketing yang Anda tulis.

Copywriting itu tidak serta merta datang dengan sendirinya. Tetapi selalu diasah dengan mengisi konten blog, membuat sales page yang menjual, dan membuat produk-produk ebook.

  1. Membuat Artikel

Ini penting juga bagi Anda kalau Anda ingin menjadi Internet Marketer yang sukses. Membuat artikel itu awalnya memang susah tetapi lama kelamaan Anda mudah membuat artikel kalau Anda melatihnya setiap hari.

Caranya?

Sangat mudah. Tergantung niche artikel Anda, jika niche blog Anda seperti tentang dunia Fitness. Maka kumpulkan apa saja mengenai fitness, mulai dari artikelnya, buku-bukunya atau Anda terjun langsung ke dunia fitness tersebut.

Setelah terkumpul data, maka yang Anda lakukan adalah membuat tulisan penggabungan ke dalam artikel dengan gaya tulis Anda sendiri. Ingat jangan menjiplak. Pernah Anda mengenal istilah ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

  1. Membuat Ebook

Skill satu ini sangat penting sekali, karena mudah, ramah lingkungan dan ringan. Skill membuat Ebook ini juga membuat saya lebih berfikir dan bisa menjual Ebook dengan harga tergantung Anda. Jujur saja saya pernah menghasilkan 8,5 juta hanya dengan menjual Ebook. Dan saya juga membuat Panduannya yang saya kirimkan ke market place ratakan yaitu Gara-gara Ebook.

  1. Membuat Video

Membuat video sangat di anjurkan karena ada sebagian orang yang tidak mau membaca artikel Anda. Video bisa sangat viral dan terkenal apabila Anda bisa membuatnya semenarik mungkin. Apalagi Anda bertujuan membuat video untuk viewer youtube Anda meningkat. Dan itu sangat menguntungkan buat Anda.

Membuat video bisa memakai software Camtasa, mudah digunakan dan tutorialnya sangat banyak di chanel-chanel youtube. Anda bisa berkreasi lebih bagus lagi menggunakan Power Point.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Silahkan Subcribe untuk berlangganan.

Dapatkan strategi marketing untuk meningkatkan traffic & penjualan

Lebih dari 100 calon dan marketer sukses bergabung di Online Course ini

Tags: , , ,


About the Author

Internet Marketer | Bisnis Online

Bisnis Internet adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Karena dengan Modal sekecil-kecilnya dengan untung sebesar-besarnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑
  • Download Gratis

    Dapatkan Langkah Awal nya Disini…


    *Lebih dari 2.000 orang yang sudah mendownload*

  • Tutorial Bisnis Internet

  • Fans fage